-->
Kiat Bisnis Kost-kostan Tanpa Modal Besar

18 January 2020

Kiat Bisnis Kost-kostan Tanpa Modal Besar

Rp100,000,-









Bisnis kost merupakan salah satu jenis bisnis yang sangat menjanjikan. Selain mampu memberikan pemasukan rutin, usaha persewaan tempat tinggal sementara ini pun sangat mudah untuk dikelola, sehingga bukan hal yang aneh bila banyak pensiunan dan ibu rumah tangga yang memutuskan untuk terjun di usaha rumah kost. Meskipun demikian tak ada salahnya bila memulai bisnis kos kosan sejak bangku kuliah.

Kendala yang sering dikeluhkan oleh kaum muda dalam memulai bisnis kos kosan adalah minimnya modal. Harus diakui bahwa modal yang diperlukan untuk memulai usaha kost cukup tinggi, mulai dari membeli rumah dengan banyak kamar hingga mempersiapkan perabotan dan peralatan elektronik serta gaji asisten rumah tangga dan petugas keamanan. Namun Anda tidak perlu berkecil hati karena ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mensiasati kendala tersebut.

Ini beberapa kiat yang dapat dilakukan untuk memulai bisnis rumah kost tanpa modal:

Belajar Membuat Tabel HTML
Luas Kamar 4 x 5 m
Baris 2 kolom 1 baris 2 kolom 2
1. Menjadi agen pemasaran kost-kostan
Salah satu cara yang paling mudah untuk memulai usaha kos kosan tanpa modal adalah dengan menjadi agen pemasaran rumah kost. Bagi Anda yang masih kuliah bisa terjun dalam bisnis ini dengan cara menawarkan diri kepada pemilik kost yang saat ini Anda tempati untuk mencarikan penyewa kost. Cara pemasaran kost yang dapat dilakukan pun beragam, mulai dari menawarkan kepada teman kuliah hingga memasang iklan di situs iklan kost dan media sosial.

Imbalan yang bisa Anda peroleh sangat bervariasi sesuai dengan kesepakatan dengan pemilik kost, mulai dari gratis uang kost selama masa tertentu hingga komisi sekian persen dari harga sewa kost. Apabila kamar kost di rumah kost yang Anda tempati sudah penuh, Anda juga bisa menawarkan kost lain yang berada di lingkungan rumah kost tempat Anda tinggal.

2. Menjadi pengelola kost
Selain menjadi agen yang membantu pemasaran kost, cara lain memulai bisnis kos kosan tanpa modal adalah dengan menjadi pengelola kost. Anda dapat menawarkan diri kepada pemilik kost untuk mengelola kost yang ia miliki. Jasa ini pada umumnya dibutuhkan oleh pemilik kost yang tinggal jauh dari rumah kost. Anda bisa meminta gaji bulanan atau komisi dari penghasilan kost sebagai imbalan atas jasa Anda dalam mengelola kost.

Tentu tidak semua pekerjaan harus Anda kerjakan sendiri. Anda dapat melimpahkan beberapa tugas kepada orang lain, misalnya membayar asisten rumah tangga untuk mengerjakan tugas bersih-bersih kost. Apabila Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan, ada beberapa usaha yang bisa dilakukan di kos kosan, misalnya dengan menjual pulsa, air minum, mie instan dan keperluan sehari-hari kepada anak kost.

3. Menyewakan kamar kosong yang ada di rumah
Bila di rumah Anda ada kamar yang layak huni namun jarang ditempati, misalnya kamar yang hanya digunakan apabila ada keluarga dari luar kota yang menginap, Anda dapat memulai bisnis rumah kost tanpa modal dengan menyewakan kamar tersebut. Jangka waktu sewanya bisa menggunakan sistem harian, sehingga kamar kosong tersebut hanya ditawarkan apabila tidak ditempati oleh keluarga dari luar kota.

Usaha ini tidak boleh dipandang sebelah mata karena hasilnya walaupun terlihat kecil namun mampu memberikan penghasilan tambahan untuk membayar tagihan-tagihan seperti air, telepon dan listrik, bahkan hasilnya bisa digunakan untuk membiayai liburan ke tempat impian Anda. Usaha ini juga bisa menjadi tempat belajar dan langkah awal sebelum Anda memutuskan untuk memulai bisnis rumah kost yang sebenarnya.

4. Menyewa rumah untuk dijadikan kost
Apabila tiga cara di atas sama sekali tidak membutuhkan modal, maka cara yang keempat membutuhkan modal, minimal untuk sewa rumah dan mempersiapkan kebutuhan penyewa kost seperti perabotan dan peralatan elektronik. Walaupun membutuhkan modal, namun dana yang perlu disediakan tidak sebanyak dana untuk membeli rumah kost.

5. Membeli apartemen untuk dijadikan kos kosan
Cara yang kelima ini mirip dengan cara yang keempat, yang perlu Anda lakukan adalah membeli apartemen yang lokasinya strategis dekat kampus. Usaha ini membutuhkan modal, namun cukup banyak apartemen yang ditawarkan dengan uang muka yang murah dan cicilan yang rendah, sehingga sangat terjangkau bagi para pengusaha kost pemula. Apalagi setelah cicilan lunas, Anda sudah memiliki aset yang dapat dijaminkan untuk mengembangkan bisnis kost Anda.

Beberapa hal yang perlu dilakukan agar usaha ini dapat memberikan hasil yang memuaskan:

- Cari rumah atau apartemen yang lokasinya strategis, misalnya dekat kampus atau perkantoran
- Sewa rumah yang memiliki banyak kamar sehingga hasil sewa kost lebih maksimal
- Cari yang berperabot dan dilengkapi AC sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli perabotan dan AC
- Untuk meringankan beban, ajaklah teman atau keluarga untuk menanam modal dalam usaha kos kosan ini
- Saat yang paling tepat untuk memulai usaha ini adalah beberapa bulan sebelum penyelenggaraan ujian penerimaan mahasiswa baru
Lakukan promosi kost di sekitar kampus dan pasang iklan kost Anda di internet.

Cari Kost Gampang

KLIK SAJA!

Dengan sekali klik Anda dapat informasi kost yang dicari.

read more

Online Booking

KOST IDAMAN

Dapatkan segera kost yang Anda idamkan.

read more